Nyeri di Lutut Kanan, Apakah Gejala Osteoporosis?

DOKTER, saya belakangan ini merasa nyeri pada lutut kanan. Awalnya terjadi hanya sesekali, khususnya setelah saya berolahraga tenis meja, tapi makin ke sini keluhan nyeri di lutut kanan makin sering saya rasakan. Ini khususnya pas saya melakukan kegiatan sholat.  
Pertanyaan saya, apakah ini tanda awal osteoporosis atau apa? Mohon penjelasannya, Dok. Terima kasih.
Rahmat-Cengkareng
Jawab:
Halo Pak Rahmat, mengenai keluhan yang Anda rasakan itu bukanlah osteoporosis. Sebab, gejala osteoporosis tidak menyebabkan rasa sakit, kecuali sudah dalam kondisi patah.
Apa yang Anda alami sekarang adalah osteoartitis, sebuah peradangan yang terjadi akibat perkapuran. Saya berkesimpulan seperti itu karena polanya khas penyakit ini seperti Anda rasakan. Awalnya, rasa nyeri jarang terjadi tetapi berangsur-angsur lebih lebih intens lagi. Kalau tidak diambil tindakan medis secepatnya, nanti setiap waktu Anda akan merasakan rasa nyeri. (Baca: Penanganan Tepat Cedera Lutut)
Kondisi ini bahkan terjadi saat tidur sekalipun. Karenanya, jalan keluar yang dilakukan adalah menurunkan berat badan agar beban yang diterima lutut lebih ringan. Proses peradangan terhadap tulang rawan terminimalisir secara otomatis. (Baca: Hati-hati, Pakai High Heels Bikin Cedera Lutut)


Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis orthopedi untuk mendapatkan obat yang tepat guna. Semoga membantu. (Baca: Lutut Cedera Usai Berlari, Bolehkah Dipijat?)
Salam,
 
Dr. L. Andre Pontoh, SpOT (K)
Spesialis orthopedi Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sports Center RSPI
(fik)

View the original article here

0 komentar

Posting Komentar