berbagai macam pesona keindahan alam Indonesia yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke.

berbagai macam pesona keindahan alam Indonesia yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke.


Keindahan Alam 
Source : http://www.flickr.com/photos/cathmarshall/11710917734/

1. Pulau Weh, Nangroe Aceh Darussalam


Pulau Weh merupakan pulau paling barat Indonesia yang memiliki panorama alam yang mengagumkan. Pulau ini menyediakan berbagai tempat-tempat wisata yang indah seperti pantai dengan pasir putih, pesona bawah laut untuk snorkeling dan diving, gunung api, dan lain-lain.

2. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba merupakan obyek wisata paling populer didaerah Sumatera Utara. Setiap tahunnya ada sekitar puluhan ribu wisatawan yang berkunjung kesana baik lokal maupun negara. Perlu diketahui bahwa Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara.

3. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Kepulauan Mentawai tidak hanya dikenal sebagai kepulauan yang memiliki panorama alam yang indah dan juga masyarakat yang ramah, tetapi juga memiliki ombak pantai yang besar. Hal ini yang membuat banyak surfer lokal maupun mancanegara yang bermain surfing disana.

4. Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Keindahan alam Pulau Belitung terekspos secara besar-besar ketika menjadi latar film Box Office Indonesia yaitu Laskar Pelangi. Pulau yang kaya akan sumber daya alam timah itu memiliki pantai-pantai yang indah dengan pasir putih dan batu-batu besar yang artistik.

5. Gunung Tangkuban Parahu dan Kawah Putih, Jawa Barat

Wilayah Bandung Raya memiliki tempat-tempat wisata yang komplit, disana kita bisa wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata-wisata lainnya. Tempat-tempat wisata alam yang wajib dikunjungi diantaranya Tangkuban Parahu dan Kawah Putih.

6. Gua Jomblang, Yogyakarta

Meskipun namanya tidak terlalu populer, Gua Jomblang memiliki pesona keindahan alam yang tak terbantahkan lagi. Keindahan gua vertikal itu membuatnya dijadikan sebagai salah satu tempat pengambilan gambar untuk program acara Amazing Race Amerika.

7. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo memiliki panorama alam yang sangat menarik dengan lautan pasir dan kawahnya yang eksotik. Pada saat weekend atau hari libur, gunung ini akan didatangi banyak wisatawan terutama untuk mereka yang ingin menyaksikan secara langsung pemandangan saat sunrise.

8. Kawah Ijen, Jawa Timur

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat didaerah Jawa Timur yang harus dikunjungi oleh para wisatawan. Kawah Ijen menyuguhkan pesona alam yang luar biasa unik dan menawan. Disana juga wisatawan bisa melihat keunikan penambangan belerang yang masih tradisional.

9. Pulau Bali, Bali

Keindahan Pulau Bali sudah tidak diragunakan lagi, buktinya jutaan wisatawan baik lokal maupuan mancanegara datang kepulau tersebut setiap tahunnya. Tempat-tempat populer yang sering dikunjungi disana adalah Pantai Kuta, Ubud, Uluwatu, Tanjung Benoa, Tanah Lot, Bedugul, dll.

10. Tiga Gili, Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara barat dikenal dengan keindahan alam tiga gilinya yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Tiga pulau nan eksotis tersebut tak henti-hentinya dikunjungi para wisatawan terutama untuk mereka yang ingin menikmati keindahan pantai disana.

11. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Selain memiliki panorama pantai-pantai yang indah, Lombok juga memiliki pesona gunung yang menawan hati yaitu Gunung Rinjani. Perlu diketahui bahwa gunung ini merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki karena keindahan pemandangan alamnya yang luar biasa.

12. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu senantiasa mempesona, ini yang membuatnya senantiasa dikunjungi turis domestik dan juga mancanegara. Danau ini sangat unik dan tidak ada danau yang seunik Danau Kelimutu didunia ini, keunikannya adalah danau tersebut tiga warna air yang berbeda.

13. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Nama Pulau Komodo semakin mendunia ketika terpilih menjadi nominasi dan juga pemenang satu dari tujuh kejaiban dunia alam versi new7wonders. Pulau yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan ini merupakan rumah bagi hewan purba yang bernama Komodo.

14. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan disebut-sebut sebagai salah satu dari sekian banyak surga tersembunyi (hidden paradise) di Indonesia. Derawan merupakan tempat terbaik untuk snorkeling karena terdapat berbagai macam terumbu karang yang indah dan aneka ragam ikan yang berwarna-warni.

15. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Keindahan alam lainnya yang bisa dijumpai di Kalimantan Timur adalah Danau Labuan Cermin yang terletak di Kabupaten Berau. Air di Danau Labuan Cermin sangat jernih sehingga kita bisa melihat apapun yang berada didalam danau tersebut hingga kedalaman 3 meter.

16. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Pesona keindahan perairan Indonesia sudah tidak diragunkan lagi, salah satunya adalah Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Keindahan panorama bawah laut Wakatobi membuat para wisatawan domestik dan asing selalu datang silih berganti setiap tahunnya.

17. Bunaken, Sulawesi Selatan

Sulawesi tidak hanya memiliki keindahan perairan di Wakatobi saja, tetapi juga di Bunaken yang ada di Sulawesi bagian utara. Bunaken merupakan tempat terbaik untuk penyelaman karena disana terdapat beranekaragam terumbu karang dan berbagai jenis ikan tropis.

18. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Siapa yang tak kenal Raja Ampat? surga tersembunyi tersebut kini menjadi populer setelah terpublikasi secara besar-besaran diberbagai media lokal maupun asing. Perlu diketahui bahwa Raja Ampat merupakan taman bawah laut dengan keanekaragaman hayati terlengkap didunia.

19. Danau Sentani, Papua

Salah satu tempat dengan keindahan alam luar biasa yang bisa dijumpai didaratan Papua adalah Danau Sentani. Danau ini tidak ubahnya seperti laut karena ukurannya yang sangat luas. Danau ini sangat indah karena dikelilingi oleh perbukitan yang hijau.

20. Carstenzs Pyramid, Papua

Untuk para pendaki gunung, Carstensz Pyramid merupakan puncak yang harus didaki. Selain karena puncak pegunungan Jaya Wijaya itu merupakan bagian dari World 7 Summits (7 puncak dunia), pegunungan tersebut juga memiliki panorama alam yang begitu indah nan menawan.

Nah itulah pembahasan mengenai 20 keindahan alam yang ada di Indonesia ini. Sebenarnya ada banyak sekali keindahan-keindahan alam Indonesia yang kita jumpai, tanggung jawab kita adalah menjaga pesona dan panorama alam tersebut agar tidak rusak. Kita semua tentu berharap agar keindahan alam Indonesia ini bisa mendatangkan keberkahan bagi masyarakat Indonesia.

0 komentar

Posting Komentar