Bulan Imunisasi Anak Sekolah Wujudkan Siswa Sehat & Kuat

IMUNISASI adalah suatu tindakan memberikan kekebalan dengan cara memasukkan vaksin ke dalam tubuh. Karena itu, Pemerintah Kota Depok menggelar Rapat Koordinasi Unit Kesehatan Sekolah (UKS) persiapan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).  
Sebagai ujung tombak layanan kesehatan paling dasar, khususnya untuk anak-anak, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sudah diakui manfaatnya oleh masyarakat. Hal itu terbukti dari tingginya kesadaran para ibu untuk membawa anak-anak mereka ke Posyandu. Umumnya, anak yang rutin dibawa ke Posyandu memiliki status gizi lebih baik. 
Di Posyandu, anak-anak bukan hanya akan mendapatkan imunisasi, juga akan dipantau tumbuh kembangnya. Peran Posyandu sangat besar untuk mencegah gizi buruk dan gizi kurang. Kegiatan penimbangan yang dilakukan secara rutin bisa menemukan kasus-kasus gizi buruk dengan lebih cepat.
Rakor dihadiri oleh Wakil Wali Kota, Kepala Dinas Kesehatan, OPD, Kementerian Agama Kota Depok, UPT Pendidikan, UPT Kesehatan, dan Kepala Sekolah. Ketua Panitia Rakor, Wimbo Wasmoro, mengatakan bahwa rakor diadakan untuk merencanakan BIAS yang merupakan amanah TP UKS Provinsi Jawa Barat. Rakor ini sangat penting dengan harapan semua anak-anak dari SD kelas 1 hingga kelas 3 harus 100% ikut imunisasi demi masa depan bangsa yang sehat dan kuat.
“Semoga rakor ini menyatukan wawasan dan persepsi kita untuk melaksanakan pendidikan dan pelayanan kesehatan serta memilihara lingkungan yang sehat,” ujar Wimbo dalam sambutannya, Kamis (17/7/2014).
Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad mengatakan, UKS dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan anak. Apabila fisik atau kesehatan terganggu, lanjutnya, maka anak-anak tidak bisa menerima pelajaran.
“Semoga rakor ini membuahkan langkah-langkah yang baik agar kita bisa memenuhi target yang belum tercapai. Semua itu terkait dengan kesadaran dan keseriusan kita bersama dalam menciptakan kesehatan untuk anak-anak. Ayo, kita galakkan UKS di kecamatan," tutupnya.
(fik)

View the original article here

0 komentar

Posting Komentar